Penyakit Miom, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Miom merupakan pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekeliling rahim (uterus) yang tidak bersifat ganas atau kanker. Miom disebut juga dengan nama mioma, leiomioma, atau uteri fibroid. Miom bermula dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Dan pada akhirnya pertumbuhan inilah yang membentuk tumor jinak.

Penyakit Miom, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Sebagian perempuan pernah mempunyai miom dalam hidup mereka. Tetapi terkadang keadaan ini tidak disadari oleh sebagian besar perempuan yang mengalaminya karena tidak timbul gejala. Bila adapun, gejala yang mungkin timbul akibat miom yaitu:

  • Masa haid menyakitkan atau berlebih
  • Rasa nyeri pada bagian perut atau punggung bawah.
  • Sering buang air kecil
  • Rasa sakit dan tidak nyaman ketika berhubungan seksual
  • Mengalami konstipasi
  • Keguguran, alami kemandulan, atau bermasalah pada saat kehamilan (jarang terjadi)

Ukuran miom berbeda-beda, ada yang sekecil biji dan ada juga yang berukuran besar sampai mengakibatkan rahim membesar. Pada satu periode, miom yang timbul mungkin hanya satu, tapi bisa juga timbul beberapa secara sekaligus.

Berdasarkan jenis miom yang ada lokasi tumbuhnya miom dibedakan menjadi seperti berikut ini:

  • Fibroid intramural, jenis miom ini tumbuh di antara jaringan otot rahim. Tempat ini adalah lokasi yang paling sering terjadi pembentukan miom.
  • Fibroid subserous, miom yang tumbuh pada bagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. jenis ini dapat tumbuh sangat besar.
  • Fibroid submucous, jenis miom ini tumbuh pada lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim. bila sampai tumbuh, miom ini dapat menimbulkan pendarahan parah ketika haid dan komplikasi serius lainnya.
  • Fibroid pedunculated, pada jenis miom ini, miom tumbuh di batang kecil didalam atau diluar rahim.

Penyebab munculnya miom

Hingga saat ini, penyebab timbulnya miom masih belum diketahui dengan jelas. Timbulnya keadaan ini dihubungkan dengan hormon estrogen. Miom biasanya timbul pada usia sekitar 16-50 tahun, ketika kadar estrogen dalam diri perempuan sedang tinggi-tingginya. Setelah mengalami menopause, tentunya kadar estrogen mengalami penurunan akibatnya miom pun menyusut. Satu dari tiga perempuan mempunyai miom di usisa yang sama, yaitu antara usia 30-50 tahun

Miom lebih sering timbul pada wanita dengan berat badan berlebihan atau obesitas. Meningkatnya berat badan tubuh otomatis hormon estrogen di dalam tubuh juga meningkat. Bukan hanya itu, faktor genetik juga memiliki peran dalam kasus miom. Perempuan dengan ibu dan saudara perempuan yang pernah mengalami miom akan cenderung bisa memiliki miom.

Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko timbulnya miom yaitu haid yang dimulai terlalu dini, banyak konsumsi daging merah ketimbang sayuran dan buah-buahan serta kebiasaan konsumsi alkohol.

Risiko seorang perempuan mendapatkan miom akan menurun setelah melahirkan anak. Risiko itu akan makin kecil bila mempunyai lebih banyak anak.

Diagnosis miom

Kadang-kadang miom di diagnosis dengan cara tidak disengaja pada saat anda melakukan pemeriksaan ginekologi, menjalankan tes atau pencitraan tertentu. Hal tersebut terjadi sebab miom kerap kali tidak memunculkan gejala sama sekali.

kalau anda mengalami beberapa gejala miom dan terjadi cukup lama, segera cari tahu apa penyebabnya. Dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan pemindaian ultrasonografi (USG) untuk memastikan diagnosisnya atau untuk mengetahui yang menjadi penyebab kemunculan gejala yang anda alami.

Pengobatan miom

Miom yang tidak menimbulkan gejala tertentu, biasanya tidak membutuhkan penanganan khusus. Biasanya ketika telah menopause, jenis miom ini akan menyusut atau bahkan bisa menghilang tanpa melakukan pengobatan.

pengobatan akan dijalankan pada miom yang memunculkan gejala. Pengobatan ini berguna untuk mengurangi gejala yang timbul. Jika pengobatan yang dijalankan tidak mempunyai dampak yang efektif, tindakan operasi perlu dilakukan.

Obat Miom Qnc Jelly Gamat 100% Herbal Tanpa Efek Samping

Updated: 18/03/2017 — 1:34 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

QnC Jelly Gamat © 2017 Frontier Theme